FUNGSI MANAJEMEN:
- Peramalan/Perkiraan (Forecasting), adalah memberikan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan.
- Perencanaan (Planning), adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hal yang diinginkan.
- Pengorganisasian (Organizing), adalah penciptaan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikan rupa sehingga hubungan antabagian-bagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.
- Menggerakan (Actuating), adalah tindakan untuk mengusahakan agar semua kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi.
- Kepemimpinan (Leading), adalah meliputi tindakan pengambilan keputusan; mengadakan komunikasi agar terjadi saling pengertian antara manajer dan bawahan; memberi semangat, inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mereka bertindak; dan mengkoordinasi kegiatan.
- Pengarahan (Diecting), adalah usaha untuk memberikan bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
- Motivasi (Motivation), adalah pemberian inspirasi, inovasi, semangat dan dorongan kepada bawahan agar bawahan melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang diinginkan oleh aturan.
- Inovasi (Inovation), adalah proses atau hasil pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses, atau sistem yang baru yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan.
- Pengkoordinasian (Coordinating), adalah tindakan untuk mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan kegiatan lokasi pekerjaan yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dengan dilaksanakan dengan keselarasan.
- Pengendalian (Controlling), adalah tindakan penilaian ataupun koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan tujuan yang telah digariskan semula.
- Laporan (Reporting), adalah penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pimpinan yang lebih tinggi.
- Penyusunan personalia (Staffing), adalah penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar