Rabu, 04 September 2013


MENGHITUNG GDP (NOMINAL, DEFLATOR & RIIL)




    Tabel di atas menunjukkan GDP nominal senilai $104 milyar untuk tahun 1929 dan $56 milyar pada tahun 1933. Ini menunjukkan penurunan sebesar 46 persen dari GDP nominal dari tahun 1929 ke tahun 1933. Tapi pemerintah memperkirakan bahwa rata-rata jatuhnya sebesar 26 persen selama periode tersebut berlangsung. Jika kita memilih tahun 1929 sebagai tahun dasar, dengan 1 sebagai GDP deflator pada tahun tersebut, ini berarti bahwa indeks harga pada 1933 adalah 0.74. Jadi GDP sebesar $56 pada 1933 jauh lebih berharga dibandingkan setengah dari GDP pada tahun 1929 sebesar $104. Tabel menunjukkan itu, seperti harga-harga pada 1929, atau kemampuan pembayaran dollar pada 1929, GDP riil jatuh ke $76 milyar. Karena itu, bagian kedua yang menunjukkan GDP nominal,  tingkat harganya merosot dengan cepat, atau terjadi deflasi, sepanjang Great Deppresion (depresi besar-besaran).  
   
   Tabel menunjukkan cara paling sederhana untuk menghitung GDP riil dan GDP deflator. Terkadang cara perhitungan tersebut kurang tepat, terutama disebabkan karena perubahan yang sangat cepat dari harga dan kuantitas barang-barang penting. Sebagai contoh, dalam tiga dekade terakhir, harga komputer telah jatuh sangat cepat saat kuantitas produksinya meningkat tajam.
                 
   Saat harga-harga relatif dari barang yang berbeda berubah dengan sangat cepat, menggunakan ukuran harga dari tahun tetap akan berdampak pada perhitungan yang salah. Untuk mengoreksi kesalahan ini, orang statistik menggunakan prosedur yang disebut chain weighting. Sebagai pengganti dari ukuran harga relatif pada setiap barang yang telah ditetapkan (katakanlah, dengan menggunakan ukuran  pada tahun tertentu, seperti 1990), ukuran harga dari barang dan jasa yang berbeda berubah setiap tahun untuk merefleksikan perubahan pada besaran belanja (spending patterns) dalam ekonomi. Lihat artikel: Chain Weight.


5 komentar:

  1. terima kasih, sangat membantu.. saya mau tanya 0.74 itu didapat dari mana ? terima kasih

    BalasHapus
  2. jika ingin mencari gdp riil, bagaimana caranya ? apabila gdp deflator tidak diketahui? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak,ada line atau wa gak kak? Mau nanya masalah tugas yang sama kek kaka

      Hapus