Minggu, 16 Desember 2012

FUNGSI MANAJEMEN: 

  1.  Peramalan/Perkiraan (Forecasting), adalah memberikan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan.
  2. Perencanaan (Planning), adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hal yang diinginkan.
  3. Pengorganisasian (Organizing), adalah penciptaan suatu struktur dengan bagian-bagian yang terintegrasi sedemikan rupa sehingga hubungan antabagian-bagian satu sama lain dipengaruhi oleh hubungan mereka dengan keseluruhan struktur tersebut.
  4. Menggerakan (Actuating), adalah tindakan untuk mengusahakan agar semua kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha-usaha organisasi.
  5. Kepemimpinan (Leading), adalah meliputi tindakan pengambilan keputusan; mengadakan komunikasi agar terjadi saling pengertian antara manajer dan bawahan; memberi semangat, inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mereka bertindak; dan mengkoordinasi kegiatan.
  6. Pengarahan (Diecting), adalah usaha untuk memberikan bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula.
  7. Motivasi (Motivation), adalah pemberian inspirasi, inovasi, semangat dan dorongan kepada bawahan agar bawahan melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang diinginkan oleh aturan.
  8. Inovasi (Inovation), adalah proses atau hasil pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki produk, proses, atau sistem yang baru yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan.
  9. Pengkoordinasian (Coordinating), adalah tindakan untuk mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan kegiatan lokasi pekerjaan yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dengan dilaksanakan dengan keselarasan.
  10. Pengendalian (Controlling), adalah tindakan penilaian ataupun koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan tujuan yang telah digariskan semula.
  11. Laporan (Reporting), adalah penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pimpinan yang lebih tinggi.
  12. Penyusunan personalia (Staffing), adalah penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar